15 Fakta Menarik Tentang Antartika

Di ujung paling selatan planet ini terletak salah satu yang paling masif dan misterius di dunia daratan – alam beku Antartika.

Hamparan es ini membentang hingga mencakup lebih dari 14 juta kilometer persegi, menjadikannya sebagai benua terbesar kelima di dunia. Itu terletak hampir seluruhnya di dalam Lingkaran Antartika. Yang berarti bahwa suhu secara konsisten di bawah nol di sebagian besar tahun.

Kondisi seperti itu membuat kehidupan relatif jarang dibandingkan dengan wilayah lain di dunia. Kecuali Hewan Antartika yang menempati lanskap beku ini beradaptasi dengan baik. Beradaptasi untuk menangani kondisi yang sangat keras yang sering terlihat oleh penjelajah dan ilmuwan yang ditempatkan di sana. 

Sementara lanskap ini mungkin tampak agak terpencil bagi pengamat yang tidak terlatih, sebenarnya salah satunya tempat paling menarik di dunia.

Berikut 15 Fakta menarik tentang Antartika

1-5

  1. Lembah Kering di Antartika adalah tempat terkering di dunia. Dengan kelembaban rendah dan kelembaban di bagian benua ini. Salju dan es bahkan tidak bisa menumpuk, yang mana meninggalkan lembah hanya sebagai hamparan tanah berdebu.
  1. Antartika, rata-rata, adalah tempat paling berangin di bumi. Ilmuwan mengeksplorasi ini dari selatan daratan telah melaporkan kecepatan angin yang mencapai hingga 200 mil per jam
  1. Lapisan Es Antartika adalah satu-satunya massa es terbesar di dunia dan terkadang bisa tebalnya hingga empat mil. Benua secara keseluruhan berisi sekitar 90 persen dari planet inies air tawar. Dan sekitar 70 persen dari total air tawar di bumi.
  1. Para ilmuwan menyatakan bahwa jika Lapisan Es Antartika Barat mencair, itu akan menaikkan laut global tingkat sekitar 16 kaki.
  1. Ross Ice Shelf – lidah es mengapung yang membentang dari daratan utama benua daratan. Mencakup lebih dari 510.000 kilometer persegi dan merupakan rak es terbesar yang pernah ditemukan.

6-10

  1. Meskipun Antartika tertutup es. Sebenarnya Antartika merupakan salah satu gunung terbesar di dunia rentang – Pegunungan Gamburtsev – yang membentang lebih dari 1200 kilometer. Itu puncak tertinggi diperkirakan sekitar 2.800 meter atau sekitar sepertiga ukuran bumi gunung tertinggi: Gunung Everest.
  1. Fitur geografis menarik lainnya yang tersembunyi di bawah lapisan es adalah Danau Vostok. Danau air tawar terkubur di bawah 4 kilometer air beku. Danau ini seukuran Danau Ontario. Dan merupakan satu dari lebih dari 200 badan air berbeda yang telah ditemukan di bawah es.
  1. Sementara Grand Canyon sebagian besar dianggap sebagai celah alam terbesar di planet. Ilmuwan menemukan parit lain di Antartika yang bisa menyaingi salah satu yang terkuat di Amerika fitur alami. Ngarai yang tidak disebutkan namanya ditemukan selama ekspedisi 2010 dan meluas hingga 100 kilometer. Lebarnya lebih dari 9 kilometer dan kedalamannya mencapai lebih dari 1,6 kilometer. Para ilmuwan berspekulasi bahwa itu bisa lebih besar. Tetapi eksplorasi lebih lanjut diperlukan untuk mempelajarinya batas sebenarnya dari celah besar ini.
  1. Antartika adalah rumah bagi Gunung Erebus – gunung berapi paling aktif di selatan di dunia. Asserta satu-satunya “danau lava” yang diketahui memiliki magma cair selama ribuan tahun kondisi benua yang dingin.

10-15

  1. Ada 30 negara berbeda yang mengoperasikan 80 stasiun penelitian yang terletak di sekitar benua. Penduduk manusia yang menempati fasilitas ini berjumlah sekitar 4.000 selama musim panas. Dan hanya 1.000 selama musim dingin yang panjang dan keras.
  1. Pada bulan Januari 1979, Emile Marco Palma menjadi manusia pertama yang dilahirkan Antartika. Sejak perjalanan bersejarahnya melalui jalan lahir, hanya 10 orang lainnya yang memilikinya lahir di benua itu.
  1. Karena kemiringan bumi, matahari tidak terbit di Antartika dari titik balik musim semi hingga ekuinoks musim gugur. Yang berarti benua tetap gelap sepanjang musim dingin musim.
  1. Sebaliknya, selama bulan-bulan musim panas matahari tidak terbenam di Antartika. Yang artinya itu sebenarnya menerima lebih banyak sinar matahari daripada ekuator selama jangka waktu itu.
  1. Pada bulan Maret 2000, bongkahan es memisahkan Ross Ice Shelf yang panjangnya 270 kilometer. Lebar 40 kilometer atau kira-kira seukuran negara bagian Connecticut.
  1. Danau Dalam di Antartika sangat asin sehingga tidak bisa membeku, bahkan dalam suhu serendah negatif 15 derajat Celcius!

Artikel yang Direkomendasikan